Intuiting

Intuiting dikenal dengan kecerdasan indra yang muncul berdasarkan proses berpikir, atau istilah lain adalah intuisi. Intuisi itu dapat berwujud kreativitas yang tiada batas. Kecerdasan Intuiting memiliki kemampuan berpikir jangka panjang sehingga mudah menemukan terobosan baru. Kecerdasan Intuiting menunjukkan dominasi neokorteks kanan. Di neokorteks kanan terletak lobus oksipital yang berfungsi sebagai interpretasi visi. Intuiting adalah salah satu diantara 5 MK tersebut. identitas mesin kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika MK digandengkan dengan jenis kemudi dibelakangnya. Jenis kemudi kecerdasan hanya ada 2, yaitu introvert dan extrovert. Di konsep stifin, I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai MK lebih besar dari i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

Jadi Intuiting terdiri dari Intuiting introvert (Ii) dan Intuiting extrovert (Ie).

Intuiting introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indera keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju keluar dirinya. System operasi pada tipe Ii berada dibelahan otak bagian atas disebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan yang menjadi kemudi kecerdasan tipe ini berada dilapisan putih yang letaknya dibagian dalam. Otak kanan itulah yang menjadi system operasi tipe Ii.

Intuiting extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indera keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju kedalam dirinya. System operasi pada tipe Ie berada dibelahan otak bagian atas disebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan yang menjadi kemudi kecerdasan tipe ini berada dilapisan abu-abu yang letaknya dibagian luar atau permukaan otak. Otak kanan itulah yang menjadi system operasi tipe Ie.