Apa itu Sifat Genetik menurut Konsep STIFIn

Yang dimaksud sifat Genetik ialah segala sifat, termasuk keunggulan kelemahan dan kepribadian, yang dibawa dan melekat sejak lahir, tidak akan bisa berubah seumur hidup, dan tidak bisa dipengaruhi oleh lingkungan.

Selain memiliki sifat yang dipengaruhi oleh Genetik, manusia juga memiliki sifat yang dipengaruhi oleh Lingkungan (yakni orang-orang atau habitat di sekitar kita). Sifat yang dipengaruhi oleh Lingkungan bisa berubah jika Lingkungan kita berubah. Misalkan, jika saat kecil hidup di Lingkungan yang penuh kasih sayang maka kita menjadi pribadi yang ramah dan lembut, namun setelah dewasa jika kita hidup di Lingkungan yang keras maka kita bisa berubah menjadi pribadi yang kasar.

Hubungan antara pengaruh faktor Genetik dan faktor Lingkungan terhadap sifat manusia utuh (fenotip) adalah sebagai berikut:

Meskipun sifat Genetik hanya memiliki porsi 20% namun justru sifat Genetik inilah yang sangat berpengaruh. Hukum Pareto berlaku di sini yang menjelaskan bahwa sebagian besar akibat (80%) datang dari sebagian kecil penyebab (20%).

Menurut Konsep STIFIn, sifat yang dipengaruhi oleh Lingkungan seharusnya diselaraskan supaya sesuai dengan sifat Genetik. Karena kita tidak bisa sedikitpun mengubah sifat genetik. Ingat lagi, pengertian sifat Genetik. Dengan menyelaraskan Lingkungan sesuai Genetik, kita bisa menjadi manusia utuh 100% selaras, dan tidak memiliki pertentangan antara sifat genetik dan sifat lingkungan. Contohnya: kita berbakat dalam ilmu eksakta namun lingkungan melatih kita menjadi seorang seniman maka ada pertentangan dalam diri kita.

Dengan demikian, STIFIn sebagai alat tes hanya mengukur sifat yang dipengaruhi oleh faktor Genetik (berupa potensi/bakat genetik dan kepribadian genetik) dan tidak mengukur sifat yang dipengaruhi oleh faktor Lingkungan.

Untuk mengukur sifat fenotip yang juga dipengaruhi oleh lingkungan, kita bisa menggunakan tes psikologi/psikotes. Sehingga tidak heran, jika kita melakukan psikotes dalam dua waktu yang berbeda maka hasil keduanya bisa berbeda pula. Tapi, hasil tes sidik jari STIFIn akan tetap sama meskipun kita tes STIFIn lagi 30 tahun mendatang.

Sumber: stifiner.blogspot.com